Kamis, 27 Oktober 2011

outline AI bab 6 Choi

BAB 6
TRANSLASI MATA UANG ASING
ALASAN TRANSLASI MATA UANG ASING
·         Proses pelaporan informasi keuangan dari satu mata uang ke mata uang asing lainnya disebut translasi mata uang asing (translation).
·         Banyaknya permasalahan yang berhubungan dengan translasi mata uang asing muncul dari fakta bahwa nilai relatif mata uang asing hampir tidak pernah stabil.
·         Tiga alasan tambahan dalam translasi mata uang asing: mencatat translasi mata uang asing, memperhitungkan efeknya terhadap translasi mata uang, berkomunikasi dengan peminat saham asing.
LATAR BELAKANG DAN TERMINOLOGI
·         Translasi mata uang asing  tidaklah sama dengan konversi, yaitu tlanslasi mata uang secara fisik. Translasi mata uang asing merupakan translasi sederhana dalam ekspresi satuan unit moneter, tidak terjadi translasi secara fisik, dan tidak ada transaksi yang dapat dihitung seperti pada konversi.
·         Translasi mata uang asing dapat terjadi di pasar spot, pasar forward, atau pasar swap. Kurs pada pasar spot bersifat langsung atau tidak langsung. Kurs pada pasar forward adalah persetujuan untuk mentranslasikan sejumlah mata uang yang telah ditetapkan untuk masa yang akan dating. Swap melibatkan pembelian spot dan penjualan forward yang simultan, atau penjualan spot dan pembelian forward mata uang.
MASALAH
Nilai tukar tidak pernah stabil, fluktuasi mata uang meningkatkan jumlah nilai tukar mata uang asing yang dapat digunakan pada proses translasi mata uang asing serta menciptakan keuntungan dan kerugian atas translasi mata uang asing.
EFEK LAPORAN KEUANGAN TERHADAP KURS ALTERNATIF TRANSLASI MATA UANG ASING
·         Penggunaan kurs historis menjaga laporan keuangan dari keuntungan atau kerugian translasi mata uang asing, yaitu dari kenaikan atau penurunan padanannya dolar pada neraca mata uang asing berkaitan dengan fluktuasi dalam nilai tukar mata uang asing di antara periode pelaporan.
·         Dua tipe penyesuaian transaksi, (1) gains and losses settled transaction, muncul walaupun nilai tukar pada pembukuan transaksi awal berbeda dengan tingkat pada pencapaian; (2) gains or losses unsettled transactions, muncul saat laporan keuangan dipersiapkan sebelum transaksi disetujui.
Transaksi Mata Uang Asing
·         Mata uang fungsional adalah mata uang utama yang digunakan untuk menjalankan bisnis, menghasilkan dan menghabiskan kas suatu perusahaan.
·         Cara untuk melakukan pembukuan bagi keuntungan dan kerugian transaksi:
o   Perspektif Transaksi Tungga, penyesuaian nilai tukar (bail stabil atau tidak) dimasukkan sebagai penyesuaian terhadap pembukuan transaksi awal dengan alasan bahwa transaksi dan perjanjiannya merupakan kejadian tunggal.
o   Perspektif Transaksi Ganda, penerimaan piutang krona mempertimbangkan kejadian yang terpisah dari penjualan yang memberikan tambahan pendapatan.
TRANSLASI MATA UANG ASING
Nilai tukar menggunakan metode translasi mata uang asing berbeda untuk neraca item yang spesifik

Metode Tunggal
Metode Ganda

Current
Current
N
oncurrent
Moneter Nonmoneter
Kurs sementara
Kas
C
C
C
C
Piutang
C
C
C
C
Persediaan




 Biaya
C
C
H
H
 Pasar
C
C
H
C
Investasi
C

H
H
 Biaya
C
H
H
H
 Pasar
C
H
H
C
Aset tetap
C
H
H
H
Asset lain
C
H
H
H
Utang dagang
C
C
C
C
Utang  jangka panjang
C
H
C
C
Saham biasa
H
H
H
H
Laba ditahan
*
*
*
*
            Catatan: C, current rate; H, historical rate; dan *, nilai sisa
Efek Laporan Keuangan
Untuk menjaga dari pengaruh laporan keuangan karena pergerakan mata uang, manajer keuangan meungkin akan melakukan manuver protektif yang diketahui sebagai strategis hedging.
Mana yang lebh baik?
Satu metode translasi mata uang asing tidak cukup untuk seluruh translasi mata uang asing yang muncul dan untuk semua tujuan translasi mata uang asing karena kondisi dan tujuan berbeda.
Kurs Saat ini yang sesuai
Nilai tukar mata uang asing yang sesuai harus merefleksikan realita bisnis dan ekonomi sedalam mungkin.
Keuntungan dan Kerugian Translasi Mata Uang Asing
o   Penangguhan, meniadakan penyesuaian translasi mata uang asing pada pendapatan lancar biasanya dianjurkan karena penyesuaian tersebut merupakan hasil dari proses penyajian ulang.
o   Penangguhan dan Amortisasi, keuntungan dan kerugian translasi mata uang asing yang disebabkan oleh peninngkatan utang dapat ditangguhkan dan diamortisasi pada sisa utang sebagai penyesuaian terhadap beban bungan.
o   Penangguhan sebagian, mengakui kerugian segera saat terjadi, akan tetapi mengakui keuntungan hanya jika terealisasi saja.
o   Tidak ada penangguhan, segala tipe penangguhan adalah palsu dan salah.
PENGEMBANGAN AKUNTANSI TRANSLASI MATA UANG ASING
o   Pra-1965: praktek translasi mata uang asing pada banyak perusahaan AS dipandu oleh Bab 12 dari Accounting Research Bulletin No. 43.
o   1965-1975: APB No. 43 memperbolehkan beberapa pengecualian khusus dalam metode current-noncurrent.
o   1975-1981: FASB mengeluarakan FAS No. 8 tahun 1975
o   1981-sekarang: FASB mengeluarkan Statement of Financial Accounting Standards No. 52 Tahun 1981.
GAMBARAN STANDAR NO. 52/ STANDAR AKUNTANSI INTERNASIONAL 21
Tujuan (1) menampilkan dalam laporan gabungan, hasil keuangan dan keterhubungan dihitung dengan mata uang primer yang dikonsolidasikan antara laporan induk dan anak (dengan mata uang fungsional); (2) mennyediakan informasi yang compatible dengan efek ekonomi yang diharapkan
Translasi saat mata uang lokal adalah mata uang fingsional
Jika mata uang fungsional adalah mata uang asing yang tercatat dan dimasukkan, maka laporan keuangannya ditranslasikan ke dalam dolar menggunakan metode kurs saat ini
Translasi saat mata uang induk perusahaan adalah mata uang fungsional
Saat mata uang induk perusahaan adalah mata uang fungsional asing gabungan, laporan mata uang asing tersebut akan dihitung tehadap dolar menggunakan metode kurs sementara
Translasi saat mata uang asing adalah mata uang fungsional
Laporan keuangan akan dihitung ulangdari mata uang lokal ke dalam mata uang fungsional lalu ditranslasikan ke dalam mata uang AS menggunakan kurs saat ini
PERMASALAHAN PERHITUNGAN
o   Perspektif laporan
o   Harga perolehan : bertentangan dengan teori deskripsi
o   Konsep pendapatan: lebih akurat dan tidak membingungkan
o   Laba terkelola
TRANSLASI MATA UANG ASING DAN INFLASI
FASB memutuskan untuk menentang penyesuaian inflasi sebelum transaksi mata uang asing.
TRANSLASI MATA ASING DIMANA SAJA
Translasi mata uang asing telah diterapkan diberbagai Negara seperti : inggris, kanada, AS, dan Jepang
                               

Tidak ada komentar:

Posting Komentar